Marathon Lokal Tanda Kecintaan Kita Pada Negeri Sendiri

Marathon Lokal Tanda Kecintaan Kita Pada Negeri Sendiri

Marathon lokal adalah sebuah ajang olahraga yang berpusat pada kemampuan kita berlari kecil selama mungkin sebagai tanda ketahanan stamina tubuh ini pun di bahas di artikel sebelumnya yang berjudul sejarah marathon itu sendiri. Masyarakat urban daerah perkotaan khususnya kota metropolitan seperti Jakarta, nampaknya tengah menggemari hobi bermarathon ria belasan kilo meter panjangnya.

Sesungguhnya kegiatan olahraga jenis ini bukanlah hal baru, sebab kita familiar melihat warga ibukota berlari sore mengelilingi Gelora Bung Karno.  Gelanggang olahraga ini dapat kita temukan di daerah Senayan, Jakarta Selatan.

Marathon Lokal Tanda Kecintaan Kita Pada Negeri Sendiri

Kami pun tidak sempat menyadari, sejak kapan kebiasaan marathon lokal bisa berkembang cukup signifikan hingga menjadi trend baru di Indonesia. Kalau boleh jujur, hampir kebanyakan para peserta tidak benar-benar memiliki kecintaan terhadap lari jauh.

Pasalnya, kaum menengah ke atas dalam kesehariannya pergi ke mana-mana saja lebih suka naik taksi online kan.  Entah hanya ingin pamer di sosmed atau sekedar memenuhi gaya hidup hedonisme dengan memborong bermacam produk sportswear dari brand kenamaan.

Marathon Lokal Tersohor Yang Pernah Terlaksana Di Indonesia

Terlepas dari semua kontroversinya, bagaimanapun berolah raga merupakan sebuah kegiatan positif dengan segudang benefit bagi tubuh umat manusia. Lagipula, event besar bersponsor macam-macam merk global dari perusahaan multi nasional dapat merangsang kesehatan perputaran roda perekonomian dalam negeri. Maukah kalian mengetahui apa saja contoh marathon lokal yang pernah terlaksana di Indonesia? Check this out.

  1. Mandiri Jogja Marathon

Mandiri Jogja Marathon

Pada pagelaran acara 2018 lalu, bank Mandiri sukses mensponsori event bertajuk Mandiri Jogja Marathon di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sambil mengangkat indahnya kekentalan budaya serta daerah prasejarah Yogyakarta, ciri khas tersebut membuatnya berhasil menyedot banyak partisipan lokal maupun mancanegara. Rute yang peserta tempuh ancar-ancar 16 KM melewati sejumlah tempat wisata kebanggaan warga lokal, yaitu Kawasan Candi Prambanan dan sekitarnya.

Mandiri Jogja Marathon membagi kelompok perlombaan menjadi tiga bagian utama, antara lain jarak pendek, menengah, serta jarak penuh. Masing-masing kelompok secara berurutan terdiri dari lintasan 5 KM, 21 KM, dan yang terjauh adalah full marathon sepanjang 42 KM. Jumlah peserta juga terbilang cukup banyak mencapai ratusan olahragawan dari berbagai negara Eropa seperti Inggris, Yunani, Italia, Jerman, serta Belanda. Untuk peserta Asia bisa kita jumpai orang Vietnam, Malaysia, Taiwan, Jepang, hingga Rusia.

  1. Maybank Bali Marathon

Maybank Bali Marathon

Pulau Bali selalu berhasil menyita perhatian turis dalam negeri maupun asing dari bermacam-macam benua serta suku, agama, ras, dan bangsa. Mungkin saja mereka sama sekali tidak berniat ikut marathon lokal, melainkan hanya ingin plesiran menikmati eksotisme serta crowdity Pulau Dewata. Buktinya, pihak panitia saat itu belum mengumumkan cabang perlombaan, namun total pendaftar sudah membludak hampir seribu orang banyaknya.

Kontur tanah Bali yang beragam terdiri dari pegunungan, bukit, persawahan, perkebunan, hingga pantai tentunya, membuat rute marathon menjadi berwarna. Sebagian besar trek di festival lari ini akan mengambil pesisir pantai sehingga jaminannya adalah keindahan pasir putih serta gulungan ombaknya. Sepertinya sih para partisipan tidak akan mudah lelah, soalnya tiupan angin semilir bersambut rindangnya pohon kelapa pasti membuat suasana sejuk.

  1. Bandung Marathon By Pocari Sweat

Bandung Marathon By Pocari Sweat

Kalau bicara mengenai kondisi suhu wilayah menyejukkan di Jawa Barat, Maka kota Bandung pasti tidak pantas terlewati oleh kalian. Meskipun sudah menjelma menjadi sebuah area metropolitan, nyatanya Bandung tetap memikat hati para wisatawan sekitar maupun luar negeri sekalipun. Bisakah kalian membayangkan keseruan berlari kecil mengelilingi Bandung dan sekitarnya yang mendapat julukan sebagai Paris Van Java? Pasti sulit untuk melupakan kenangan tentangnya.

Beberapa kali Pocari Sweat sebagai pelopor minuman isotonik setia mensponsori acara marathon lokal, khususnya di Bandung lautan api. Penataan kota tersusun rapi dan cantik teratur sedemikian rupa, sehingga menambah semangat jiwa kompetitif bagi para pelari lomba marathon. Asalkan jangan sampai tergoda untuk mampir beli pastry ke Prima Rasa ya, jadinya percuma dong sudah bakar kalori mati-matian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *